Selasa, 15 Februari 2011

manusia dan cinta kasih

manusia, cinta, dan kasih memiliki arti yang pasti berbeda. Namun antara cinta dan kasih memiliki makna yang bisa dibilang hampir sama ... dari segi sebelah manakah itu??? karena itu kita perlu menjabarkan itu semua. Saya akan mencoba menulis mengenai hubungan antara manusia dengan cinta kasih...

manusia merupakan mahkluk ciptaan Allah yang diberi roh dan memiliki drajat yang tinggi dibandingkan mahkluk lainnya. Manusia memiliki perasaan ... sedikitnya seperti cinta kasih.
Lalu apa cinta kasih itu ...(?)
Cinta itu suatu rasa suka untuk seseorang, rasa sayang untuk seseorang, bahkan rasa kasih kepada seseorang.
Kasih itu suatu prasaan sayang kepada seseorang yang lebih kepada belas kasihan ( tidak bisa melihat seseorang yang kita sayang sedih ). Kalau kita artikan secara bersamaan cinta kasih merupakan suatu perasaan suka, sayang kepada seseorang sehingga kita tidak bisa meihat orang yang kita sayangi itu sedih. Namun  tetap saja antara cinta dan kasih memiliki arti yang berbeda, cinta memiliki suatu persaan yang lebih mendalam kepada seseorang dan setelah ada rasa cinta itulah rasa kasih terbentuk di dalam diri kita. Karena itu antara cinta dan kasih memiliki suatu keterikatan.

Lalu apa hubungan antara manusia dengan cinta kasih (??)
Rasa cinta kasih tidak boleh lepas dari perasaan manusia, karena kalau manusia tidak memiliki rasa cinta kasih, kehidupan manusia itu tidaklah bahagia. Terlebih lagi manusia harus memiliki rasa cinta kasih kepada Tuhannya, itu yang utama. Rasa cinta kasih merupakan suatu landasan kebahagiaan dalam kehidupan. Kita bisa menyimpulkan tidak adanya cinta kasih berarti tidak adanya pernikahan, keluarga, persahabatn dan pertemanan. 

1. Cinta kasih kepada diri sendiri 

Cinta kasih kepada diri sendiri itu lebih kepada bagaimana kita menjaga diri kita sendiri agar selalu sehat dan selalu berada dijalan yang benar menurut agama. Namun jangan sampai cinta kita terhadap diri sendiri membuat kita menjadi orang yang egois dan tidak mau melihat kepentingan orang lain.

2. Cinta kasih kepada keluarga inti

Cinta kasih kepada keluarga pastinya kita sudah tau yaitu antara Ibu, Ayah, dan Anak-anak mereka. Rasa sayang orang tua kepada anaknya tidak bisa dijabarkan seperti apa. begitu juga seorang anak kepada orang tuanya. Meskipun orang tua suka memarahi bahkan mengekang anak-anaknya bukan berarti orang tua tidaklah cinta kepada anak mereka, orang tua melalukan itu karena mereka ingin yang terbaik untuk anak-anak mereka. Akan tetapi terkadang seorang anak tidak mengerti apa maksud dari orang tua mereka memarahi mereka. Seorang anak terkadang merasa sangat sebal dengan orang tuanya namun tidak bisa dipungkiri biar begitu seorang anak sangat mencintai orang tuanya. Begitu juga hubungan antara kakak dan adik biarpun sering bertengakar didalam diri mereka tersimpan rasa saling menyayangi. Dan pastinya rasa cinta kasih yang ada pada pasangan suami istri itulah yang menimbulkan suatu keharmonisan dalam keluarga inti.

3. Cinta kasih kepada keluarga besar 

Rasa cinta kasih kepada keluarga besar mungkin tidak sedalam seperti keluarga inti, namun rasa cinta kasih itu pasti ada. Itu bisa dilihat dari hubungan seluruh keluarga yang saling perduli satu dengan yang lainnya. Seperti pada saat ada salah satu keluarga kita dalam kesulitan pastinya tidak mungkin keluarga kita yang lain membiarkannya. Dengan demikian secara tidak langsung setiap anggota keluarga pasti memiliki rasa keterkaitan yang menimbulkan rasa cinta kasih itu.

4. Cinta kasih kepada sahabat dan teman

Rasa cinta kasih kepada sehabat mungkin bisa lebih terlihat dibandingakan dengan seorang teman biasa. Mengapa demikian (???) Karena hubungan antara sahabat pastinya lebih mendalam dibandingkan dengan teman biasa. Sahabat bisa dibilang orang terdekat dalam hidup kita dan dapat dikatakan sahabat itu teman yang sudah seperti keluarga sendiri. Sahabat merupakan teman yang selalu ada kapanpun kita butuh, baik itu dalam keadaan senang, sedih, suka, dan duka. Mungkin karena itu rasa cinta kasih lebih banyak timbul pada suatu persahabatan.

5. Cinta kasih kepada pacar

Banyak remaja yang baru mengerti pacaran, namun mereka belum bisa membedakan mana cinta kasih mana nafsu. Perlu ditegaskan antara cinta kasih dan nafsu itu jauh berbeda.
contoh:
Cinta kasih itu senantiasa memberi dan melindungi bukan menuntut,  Cinta bersifat rokhaniah, sedangkan cinta sifatnya jasmaniah. Rasa cinta dapat memberikan semangat dalam hidup bagi orang yang mencintai dan bagi yang menerimanya, dirasakan sebagai kebahagiaan. Sedangkan nafsu cenderung memuaskan dorongan seks semata.
Namun tidak semua seperti itu, karena banyak dari mereka juga sudah mengerti apa itu cinta kasih sesunggugnya...

Dari seluruh penjabaran itu bisa kita simpulkan bahwa cinta kasih urutan tertinggi merupakan cinta kasih kita terhadap Allah, Rasulullah dan berjihad di jalan Allah.  Setelah itu barulah cinta ksih kita terhadap orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat.

2 comments:

Donny Ajie Baskoro mengatakan...

no comment dh buat yg nomor 5 .. pengalaman banget kayaknya .. nda salah sering sesi curhat kita yh mba .. hhaha

risa blog mengatakan...

bahhahhha ...
bukan nya gitu mas don, itu kumpulan artikel2 yang gw baca. ya gw mabil ajja intinya.hha

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.