Senin, 14 Februari 2011

manusia dan kebudayaan

Manusia dan kebudayaan merupakan dua pernyataan yang bisa dikatakan memiliki arti yang pasti berbeda. Namun kalau kita lihat dan kita ulas antara manusia dan kebudayaan pasti memiliki suatu keterikatan. Dalam tugas IBD ini saya akan mencoba untuk mengulas perbedaan dan keterikatan tersebut.

Manusia memiliki arti dari masing-masing istilah, yaitu dari istilah biologis, rohani, dan kebudayaan.
Dan dari istilah-istilah itu saya mengambil kesimpulan bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki drajat tertinggi dibandingkan mahkluk apapun.
Kebudayaan yang saya terima dari semua arti merupakan suatu kebiasaan yang dimiliki oleh setiap daerah atau juga suatu kebiasaan yang tidak dapat dirubah.

Tetapi dari arti tersebut kita juga bisa melihat bahwa antara manusia dan kebudayaan memiliki suatu keterikatan. 
Contoh :
1. Pada saat dalam satu keluarga ada yang berulang tahun, ada kebudayaan didalam keluarga itu untuk memberi kado atau kejutan terhadap yang berulang tahun.
2. Dalam daerah tertentu, masih ada yang sering melalukan suatu upacara pada acara tertentu. Dalam suatu daerah tersebut terkadang terdapat suku-suku yang tidak menghilangkan adat-istiadat yang telah mereka dapatkan dari nenek moyang mereka.
3. Setiap manusia juga memiliki suatu kebiasaan. contoh dia bangun jam brapa dan apa yang sering dia lakukan. Tanpa disadari kebiasaan tersebut juga bisa kita artikan sebagai kebudayaan yang melekan pada diri kita pribadi.
Dari tiga contoh yang saya tuliskan bisa kita ambil kesimpulan bahwa manusia memang tidak bisa lepas dari unsur suatu kebudayaan. Karena pada dasarnya manusia juga bisa terbentuk dalam suatu kepribadian karena adanya suatu kebudayaan. Bisa kita bayangkan kalau manusia hidup tanpa adanya suatu kebudayaan pasti tidak ada aturan atau panutan untuk manusia itu hidup.

Coba kita ulas sedikit mengenai budaya barat dan juga budaya timur.
tentunya kita tahu akhir-akhir ini budaya barat sangat gencar masuk ke Indonesia. Hal itu menyebabkan hilangnya budaya yang dimiliki oleh Indonesia sedikit demi sedikit menghilang, bahkan tidak dihiraukan lagi oleh para masyarakat. Bahkan dengan acuhnya para masyarakat sudah beberapa dari kebudayaan kita yang diambil bahkan dihakciptakan oleh Negara lain. Sebenarnya itu merupakan kelalaian dari para masyarakat Indonesia sendiri yang tidak menghiraukan apa yang telah kita miliki akan tetapi malah meninggikan budaya-budaya luar.
Setelah saya membaca beberapa artikel mengenai dampak budaya barat, sebenarnya tidak semua budaya barat yang masuk ke Indonesia membawa pengaruh buruk atau negative terhadap pertumbuhan masyarakan. Semua itu tergantung bagaimana kita mengolah hal yang baik menjadi lebih baik dan yang buruk menjadi baik.
Sebenarnya budaya barat bisa kita jadikan sebagai pacuan, kita bisa melihat mengapa mereka bisa memajukan teknologi ??? lantas mengapa kita tidak bisa ??? mengapa mereka bisa menjadi Negara yg maju ??? kenapa kita tidak bisa ??? masih banyak hal yang bisa kita jadikan pacuan…

Karena itulah sebenarnya manusia harus bisa menjaga dan melestarikan kebudayaan yang mereka miliki. Karena kebudayaan merupakan suatu kekayaan yang dimiliki oleh setiap manusia. Jangan hanya bisa melihat budaya dari luar. Karena pada dasarnya budaya yang kita miliki lebih banyak dan lebih banyak memiliki kreatifitas seni yang tinggi. Jangan menyesal bila kebudayaan kita lama kelamaan akan habis dikarenakan banyak di akui oleh negara lain, karena secara tidak sengaja kita lah yang secara tidak langsung membuang kebudayaan yang kita miliki karena terlalu terpaku oleh kebudayaan dari luar.

TETAP PERTAHANKAN APA YANG TELAH KITA PUNYA DAN KITA MILIKI. !!!

6 comments:

tes mengatakan...

g terlalu pendek nie ris..???

risa blog mengatakan...

biarin ajja... bingung mau nulis apa. apalgi yg cinta kasih. hadahhhhhh

Donny Ajie Baskoro mengatakan...

gila segini pendek ,, panjangnya se apa dh ?? hehe
agak galak yah di akhir" .. :p

risa blog mengatakan...

tau tu hafid. gw bingung mau nulis apa lagi klo ini pendek.hhha

asolihin mengatakan...

Manusia selalu mewarnai kehidupan, nice artikel//thanks buat pencerahan hatinya ya..salam

asolihin mengatakan...

Manusia dan kebudayaan adalah satu kesatuan yng tidak bisa terlepas antara satu lainnya, artikel yang menarik, terimakasih sduah dishare. salam kenal.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.