Selasa, 15 Maret 2011

manusia dan keindahan

Kali ini saya akan mencoba untuk menulias apa itu keindahan, dan apa hubungan keindahan itu dengan manusia. Apakah terdapat hubungan didalamnya atau tidak???...

Manusia merupakan mahkluk ciptaan Allah yang diberi roh dan memiliki drajat yang tinggi dibandingkan mahkluk lainnya.
Keindahanitu berasal dari kata indah, yang artinya bagus, cantik, elok, molek dan lain sebagainya. Namun sebenarnya keindahan itu tidak bisa dijabarkan. Keindahan itu bisa kita lihat dan kita nikmati namun tidak bisa kita sentuh atau kita raba. Suatu keindahan itu bisa kita sentuh atau kita raba bila suatu keindahan itu telah menjadi suatu objek.

Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adap kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.


Selain itu menurut luasnya dibedakan pengertian:


1. Keindahan dalam arti luas.
Selanjutnya The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Misalnya Plato menyebut watak yang indah dan hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.
. Jadi pengertian yang seluas-Iuasnya meliputi :
· keindahan seni
· keindahan alam
· keindahan moral
· keindahan intelektual.

2. Keindahan dalam arti estetik murni.
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetik seorang dalam hubungannya dellgan se:gala sesuatu yang diserapnya.

3. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan.
Keindahan dalam arti yang terbatas, me~punyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut bendabenda yang dapat -diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna. keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengarnat.

Lalu apa hubungan antara manusia dan keindahan??? Apa ada keterkaitannya???
Ya....TENTU ADA. Karena manusialah yang secara tidak langsung banyak menciptakan suatu keindahan.

Apa sebab manusia menciptakan keindahan ?

1.Tata nilai yang telah usang 
2.Kemerosotan zaman 
3.Penderitaan Manusia 
4.Keagungan Tuhan

Keindahan Alami dan Keindahan Buatan :

1. Secara alami  : Manusia menaruh rasa kagum atas keindahan alam yang merupakan ciptaan dari Yang Maha  Kuasa.
2. Buatan tangan : Karya seni yang memiliki nilai estetika yang dapat dinilai oleh manusia.
    Dengan keindahan manusia juga dapat mengekspresikan perasaan indah tersebut melalui berbagai hal yang mengandung unsur estetis yang dinilai secara umum oleh masyarakat.

    Pada dasarnya antara manusia dan keindahan itu pasti ada hubungan yang bisa dibilang alamai. Karena didalam diri manusia telah tercipta suatu keindahan sejak kita lahir. Suatu keindahan itu telah diberikan oleh ALLAH kepada setiap umatnya. Karena itu janganlah kita sia-siakan apa yang telah kita miliki.

    0 comments:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.