A.
PENDAHULUAN
Untuk kali ini pada mata kuliah
Pengantar Bisnis Informatika saya akan membahas seputar SNB atau Social
Network Business. Sebelum masuk lebih dalam pada materi kali ini yaitu Social
Network Business, saya akan sedikit mengulas mengenai apa itu Social
Network Business. SNB dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah
layanan jaringan sosial dimana layanan jaringan tersebut merupakan layanan
dalam bentuk online. Contohnya adalah e-mail dan YM. . SNB
memungkinkan user untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam
jaringan masing-masing.
B. TEORI
Social Network Business atau Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan,
platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial
atau hubungan sosial
di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang,
atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari
perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya,
dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web
dan penggunanya berinteraksi melalui Internet,
seperti surat elektronik dan pesan instan.
Layanan komunitas dalam
jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial,
meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat
pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup.
Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas,
acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.
·
Sejarah
Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari
adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada
tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman,
dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword
yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk
memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat
pencarian jodoh. Dalam keanjutannya, friendster
ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.
Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube,
Myspace. Hingga akhir tahun
2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring
sosial yang paling diminati.
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook.
Facebook dengan tampilan yang
lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi
seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter
ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat
melihat status terbaru dari orang
yang kita ikuti (follow). Tahun
2012,muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia
yang bernama Ketiker.
Ketiker adalah situs web yang
menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.
·
Kelebihan
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita
untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang
dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih
murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial,
penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
·
Kelemahan
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara
tatap muka (face-to-face)
cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial
karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini
membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial
ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang
berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
·
Dampak Sosial dari Social Network
Business
Dengan berbasis web layanan jaringan sosial
memungkinkan untuk menghubungkan orang-orang yang berbagi minat dan aktivitas
di, ekonomi, dan geografis perbatasan politik diseluruh dunia tanpa terbatas.
Melalui e-mail dan pesan instan, komunitas online yang dibuat di mana ekonomi
hadiah dan altruisme timbal balik didorong melalui kerjasama .
Dan dengan menggunakan jejaring sosial para
usahawan atau perusahaan dan pebisnis sering memanfaatkannya untuk memasarkan
produk nya, baik lewat iklan-iklan di web khusus ataupul lewat baner-baner
ataupun lewat forum-forum yang memang kerap dijadikan sebagai sarana untuk
ajang transaksi. Dan hal itu dinilai lebih jauh menguntungkan dari segi bisnis
dan efisiensi. Sehingga hal demikian banyak membantu para usahawan ataupun
perusahaan untuk memasarkan produknya.
·
Implementasi dalam Dunia Bisnis
1. Model
Bisnis
Beberapa jaringan sosial saat ini uang untuk
biaya keanggotaan. Pada bagian, ini mungkin karena jaringan sosial adalah
layanan baru yang relatif, dan nilai menggunakan mereka belum mantap dalam
‘pikiran pelanggan. Perusahaan seperti MySpace dan dapat menjual iklan online
di situs mereka. model bisnis mereka adalah berdasarkan jumlah keanggotaan yang
besar, dan pengisian untuk keanggotaan akan menjadi kontraproduktif. Beberapa
percaya bahwa informasi yang lebih dalam bahwa situs terhadap setiap pengguna
akan memungkinkan jauh lebih baik daripada iklan bertarget situs lain yang saat
ini dapat menyediakan.
Jaringan sosial beroperasi dengan model bisnis
otonom, di mana para anggota jaringan sosial yang menjadi peran ganda baik
sebagai pemasok dan konsumen konten. Hal ini berbeda dengan model bisnis
tradisional, dimana para pemasok dan konsumen adalah agen yang berbeda.
Pendapatan biasanya diperoleh dalam model bisnis otonom melalui iklan, tapi
berbasis pendapatan berlangganan adalah mungkin bila keanggotaan dan konten
tingkat yang cukup tinggi.
2. Aplikasi
Bisnis
Penggunaan layanan jaringan sosial dalam konteks
perusahaan menyajikan potensi memiliki dampak yang besar terhadap dunia bisnis
dan kerja (Fraser & Dutta 2008 ).
Jaringan sosial menghubungkan orang dengan biaya
rendah, ini dapat bermanfaat bagi pengusaha dan usaha kecil yang ingin
memperluas basis menghubungi mereka. Jaringan ini sering bertindak sebagai alat
manajemen hubungan pelanggan bagi perusahaan yang menjual produk dan jasa.
Perusahaan juga dapat menggunakan jaringan sosial untuk iklan dalam bentuk
banner dan iklan teks. Sejak perusahaan beroperasi secara global, jaringan
sosial bisa membuatnya lebih mudah untuk tetap berhubungan dengan kontak di
seluruh dunia.
Salah satu contoh jaringan sosial yang digunakan
untuk tujuan bisnis adalah LinkedIn.com yang bertujuan untuk interkoneksi
profesional. LinkedIn memiliki lebih dari 40 juta pengguna di lebih dari 200
negara.
C. ANALISIS
Social Network Business merupakan suatu layanan sosial yang
menggunakan jaringan dan platform. Biasanya SNB merupakan layanan yang berbasis
web dengan cara berinteraksi dengen internet, contohnya adalah e-mail, FB, dan
Twitter.
Dengan adanya SNB tentunya memudahkan kita untuk berinteraksi dengan
mudah kepada orang-orang dari seluruh belahan dunia dan dengan biaya yang tidak
mahal karena tidak harus menggunakan telepon. Selain itu dengan adanya SNB
dalam penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat dan mudah. Pada dunia
bisnis juga SNB sudah banyak diminat, tidak hanya untuk para usahawan ataupun
perusahaan saja. Pada kondisi ini saya bergabung dengan Organisasi Badan
Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, dalam menjalankan program
kerja tentunya kami membutuhkan dana yang cukup besar yang harus kami cari
sendiri. Untuk itu kami selalu mencari sponsor untuk acara kami tentunya tidak
semudah yang dibayangkan karena banyak sponsor yang meminta kami untuk
memasarkan ataupun menjual produk-produk mereka, karena kami juga memiliki
kewajiban sebagai seorang mahasiswa/i maka dengan tidak membuang banyak tenaga
dan waktu kami menggunakan Social Network Business untuk
memasarkan produk sponsor kami, seperti menggunakan FB dan juga twitter.
REFERENSI
0 comments:
Posting Komentar