Selasa, 27 September 2011

Pemahaman Wireless

Pada topik kali ini saya akan membahas mengenai networking yang lebih menjurus kepada wireless. Beberapa topik yang akan saya bahas pada tugas kali ini adalah :

1. Pengertian mengenai wireless
2.Kelebihan dan Kelemahan pada wireless
3.Klasifikasi wireless

    Tiga topik yang saya sebutkan diatas merupakan dasar-dasar dari wireless yang harus kita ketahui. Untuk lebih mendalami tiga topik diatas silahkan baca uraian dibawah ini.

    1. Pengertian mengenai wireless

    Wireless atau Wireless Fidelity yang lebih dikenal dengan sebutan WI-FI merupakan suatu teknologi tanpa menggunakan kabel atau sering disebut juga dengan nirkabel. Wireless bisa bekerja karena pengaruh dari gelombang elektromagnetik sebagai media yang dapat menggantikan kabel. Tujuan dari wireless sendiri adalah sebagai media yang dapat menggantikan kabel sehingga terminal komputer dapat terhubung dengan jaringan. Saat ini wireless sudah menjadi media yang banyak digunakan, karena saat ini wireless tidak hanya dapat digunakan oleh pengguna komputer atau laptop saja, karena pada beberapa telepon sellular pun media wireless sudah dapat digunakan.

    2. Kelebihan dan Kekurangan pada wireless

    Kelebihan pada wireless :
      1. Kelebihan pada wireless adalah para pengguna dapat mengakses internet tanpa perlu menggunakan kabel. Dengan menggunaka laptop atau telepon seluller ( yang sudah terdapat fasilitas wireless ) dan dengan tempat yang sudah dilengkapi dengan fasilitas hotspot sudah dapat melakukan browsing untuk mencari brita atau informasi apapun.

      2. Kelebihan lain dari wireless adalah kecepatannya lebih cepat bila dibandingkan dengan modem yang masih menggunakan kabel. Bahkan modem kabel yang tercepat pun masih kalah cepat dengan wireless.

      Kelemahan dari wireless
        1. Kelemahan dari wireless yang paling utama adalah mudahnya dihacking oleh para hacer untuk mencuri password pengguna wi-fi.

        2. Kelemahan pada konfigurasi dan enkripsi yang digunakan. Hal itu disebabkan karena mudahnya mengunakan sebuah jaringan wireless.  

        3. Klasifikasi wireless 

        Terdapat 3 klasifikasi pada wireless yaitu :

        1.  LAN
        2. WAN
        3. MAN

          1. LAN ( Local Area Network )



          LAN atau Lokal Area Network merupakan suatu jaringan komputer yang dapat mencakup wilayah kecil. Maksud dari wilayah kecil yaitu seperti kampus, rumah, sekolah, toko dan tempat kecil lainnya. Spesifikasi pada LAN sendiri pada saat ini adalah IEEE 802.3 Ethernet dengan menggunakan perangkat switch, Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. LAN juga dapat diakses oleh setiapa komputer atau laptop tentunya dengan hak akses yang telah diatur pada salah satu komputer yang akan dijadikan server. Contohnya saja untuk games dan untuk memindahkan suatu data.

          Adapun karakteristik dari LAN sebagai berikut :
          1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
          2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
          3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
          2. WAN ( Wide Area Network )



          Berbeda dengan LAN ( Local Area Network ) yang hanya mencakup wilayah kecil, WAN ( Wide Area Network ) merupakan jaringan komputer yang dapat mencakup wilayah yang lebi luas. Contohnya saja jaringan komputer antar wilayah, kota, bahkan negara sekalipun. Hampir sama halnya seperti LAN ( Local Area Network ) yang dapat meghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain antar komputer disatu wilayah, WAN ( Wide Area Network ) juga dapat menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lainnya, namun dengan jangkauan yang lebih luas lagi atau berbeda lokasi sekalipun.

          3. MAN ( Metropolitan area network )


          Berbeda lagi dengan LAN ( Local Area Network ) dan WAN ( Wide Area Network ), MAN ( Metropolitan area network ) memiliki jangkauan yang lebih cepat lagi. Karena jaringan pada MAN ( Metropolitan area network ) dapat menstransfer data dalam suatu kota dengan kecepatan yang lebih tinggi, yang dapat menghubungkan lokasi satu dengan lokasi yang lain, Seperti kampus dengan kantor. Jaringan pada MAN ( Metropolitan area network ) merupakan suatu penggabungan dari jaringan LAN ( Local Area Network ).

          Itulah beberapa hal yang terdapat pada wireless. Untuk kurang lebihnya hal pada tulisan saya, mohon dimaklumi...TERIMA KASIIH :)

          0 comments:

          Posting Komentar

          Diberdayakan oleh Blogger.