Minggu, 10 Oktober 2010

pengaruh kebudayaan barat

Disini saya akan membahas mengenai hubungan antara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan. Untuk lebih mendalami materi penulisan saya saat ini saya akan mengambil tema yaitu “ pengaruh adanya budaya barat yang masuk ke Indonesia “.

Sebelum kita ulas lebih dalam mengenai pengaruh kebudayaan barat kita harus tahu dulu apa arti budaya ???
ya, budaya adalah suatu kebiasaan atau suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Setelah kita tahu apa pengertian dari budaya pastinya kita dapat berfikir bahwa pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia pastinya memiliki 2 dampak, yaitu apakah budaya itu temasuk ke dalam dampak positive atau dampak negative.

Tentunya kita tahu akhir-akhir ini budaya barat sangat gencar masuk ke Indonesia. Hal itu menyebabkan hilangnya budaya yang dimiliki oleh Indonesia sedikit demi sedikit menghilang, bahkan tidak dihiraukan lagi oleh para masyarakat. Bahkan dengan acuhnya para masyarakat sudah beberapa dari kebudayaan kita yang diambil bahkan dihakciptakan oleh Negara lain. Sebenarnya itu merupakan kelalaian dari para masyarakat Indonesia sendiri yang tidak menghiraukan apa yang telah kita miliki akan tetapi malah meninggikan budaya-budaya luar.
Setelah saya membaca beberapa artikel mengenai dampak budaya barat, sebenarnya tidak semua budaya barat yang masuk ke Indonesia membawa pengaruh buruk atau negative terhadap pertumbuhan masyarakan. Semua itu tergantung bagaimana kita mengolah hal yang baik menjadi lebih baik dan yang buruk menjadi baik.
Sebenarnya budaya barat bisa kita jadikan sebagai pacuan, kita bisa melihat mengapa mereka bisa memajukan teknologi ??? lantas mengapa kita tidak bisa ??? mengapa mereka bisa menjadi Negara yg maju ??? kenapa kita tidak bisa ??? masih banyak hal yang bisa kita jadikan pacuan…
Untuk lebih jelasnya saya akan menguraikan beberapa dampak positive dan negative mengenai budaya barat :

Dampak Positive:

1. Adanya perubahan pemikiran dan sikap
Dengan adanya moderenisasi dan globalisasi dari budaya luar banyak merubah pemikiran dan sikap para masyarakat yang tadinya irasional menjadi rasional.
2. Berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi
Dengan adanya pengetahuan dan teknologi memudahkan para masyarakat untuk beraktivitas dan mendorong untuk selalu berfikir maju.
3. Dalam bidang industri
Dengan adanya industri luar yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih dapat dikatakan salah satu cara mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak negative :

a. Banyaknya barang ekspor
Dengan banyaknya produk luar yang masuk ke Indonesia menyebabkan kurang diminatinya produk-produk dalam negeri, hal itu menyebabkan lambatnya kemajuan akan produk dalam negeri.
b. Timbulnya rasa acuh
Dengan bnyaknya produk cangih dari luar menyebabkan para masyarakat merasa tidak butuh akan sesama. Hal itu juga dapat menimbulkan suatu kesenjangan sosial dalam masyarakat. Karena tidak semua masyarakat dapat mengikuti arus moderenisasi dan teknologi yang ada. Padahal sebagai manusia kiat adalah makhluk sosial.
 c. Gaya Hidup Kebarat-baratan
Banyak sekali anak-anak jaman sekarang yang menganut gaya barat. Seperit kurangnya rasa hormat kepada orang tua, merajalelanya pergaulan bebas, dan sebagainya.

Itulah beberapa dampak positive dan negative yang saya ketahui dan dapat saya uraikan.
Karena itu saya berharap akan adanya kesadaran dari semua masyarakat Indonesia agar lebih menghargai apa yang Negara kita miliki di bandingkan dengan mentuankan budaya dari Negara lain. Karena hal itu dapen merugikan Negara kita sendiri….



3 comments:

Anonim mengatakan...

Good..! hhehehe

tes mengatakan...

damai lg....
hahaha

Unknown mengatakan...

Bagi saya ini bermanfaat...

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.